Cara Konfigurasi Server Jabber Openfire

Cara Konfigurasi Server Jabber Openfire

cara setup dan konfigurasi server jabber openfire
Setelah sebelumnya kita sudah melakukan installasi openfire di ubuntu server, maka langkah selanjutnya adalah melakukan setting atau konfigurasi pada openfire sehingga siap digunakan sebagai server chat berbasis xmpp/jabber.
Silahkan baca lagi jika Anda lupa bagaimana cara install openfire di ubuntu server.

Berikut langkah-langkah setting server jabber openfire selengkapnya:


1. Buka web browser dari pc client, lalu buka halaman admin openfire menggunakan alamat ip server, dimana openfire diinstall. Dalam contoh kita sebelumnya menggunakan ip 192.168.0.9, tinggal tambahkan :9090 dibelakang ip, sehingga menjadi 192.168.0.9:9090 lalu enter, setelah tampil halaman openfire, klik continue.

Cara Konfigurasi Server Jabber Openfire


2. Masukkan sekali lagi IP server pada kolom domain, klik continue.



Konfigurasi Server Jabber Openfire


Note: Jika IP server anda sudah terhubung dengan domain, maka bisa juga masukkan nama domainnya saja tanpa IP, karena domain tersebut sudh pasti mengarah ke IP server.


3. Pilih standard database, klik continue.

Cara setup Server Jabber Openfire

4. Pilih database driver menjadi MySQL, ganti url menjadi localhost, database menjadi openfire dan isikan username root passwordnya (password yang telah anda buat sebelumnya), klik continue.

Cara buat Server Jabber sendiri



5. Profilnya pilih default lalu, klik continue.

Cara membuat Server Jabber sendiri

6. Ganti admin email adress menggunakan IP server atau domain server, masukkan dua kali password baru untuk admin,klik continue. 

Cara membangun Server Jabber sendiri

7. Sampai disini Anda telah berhasil melakukan setup openfire, klik login to the admin console, klik continue.

tutorial membuat Server Jabber dengan openfire

8. Masukkan username dan password, klik continue.

Cara masuk halaman admin Jabber openfire

9. Selamat Anda telah berhasil login ke dalam halaman admin openfire, disini Anda bisa mengatur segala sesuatu yang dibutuhkan seperti; menambah user, mengganti user admin, merubah password user, mengatur security dan lain sebagainya.

Cara buat Jabber openfire

10. Tambahkanlah akaun atau user baru untuk server jabber yang telah berhasil Anda buat, pilih tab Users/Groups, pilih Users lalu isi semua kolomnya seperti contoh gambar, jika Anda menghendaki user baru tersebut sebagai Admin juga yang nantinya bisa masuk ke halaman admin openfire tinggal centang saja pada opsi Grants admin access to Openfire. lalu klik Create User.

Membuat Server Jabber Sendiri dengan Ubuntu Server dan Openfire

11. Install aplikasi IM untuk jabber yang disediakan bertebaran di internet untuk beragam platform; linux, windows, mac, android dll.
Untuk PC dengan OS windows atau ubuntu Anda bisa mencoba Spark: Download Spark.
Jika sudah Anda install, silahkan login menggunakan akun jabber yang sudah Anda buat.
isikan username, password dan server, misal akun saya islah@192.168.0.9 isikan sesuai dengan contoh gambar.

cara login spark jabber client



PERLU DICATAT! jika server jabber Anda belum diopen ke publik maka jabber hanya bisa digunakan untuk komunikasi atau chatting local saja (dalam jaringan/ip yang sama), lalu bagaimana cara open ke publik? 



Opsinya ada dua: 
Pertama, jika Anda menggunakan server sendiri, maka dibutuhkan ip publik statik dari ISP internet yang Anda gunakan, untuk pemasangan internet baru indihome misalnya tidak menggunakan IP Publik statik, melainkan dinamik, solusinya Anda bisa menggunakan VPN (virtual private network)
Kedua, jika Anda menggunakan VPS (virtual private server) maka sudah barang tentu IP Anda adalah publik statik, sehingga bisa langsung digunakan melalui jaringan internet, tidak lagi lokal. hanya saja untuk lebih bagus lagi jadikan IP VPS terhubung ke domain, sehingga Anda tidak lagi repot mengingat-ingat alamat IP server jabber Anda saat login ke IM client atau memberitahukannya ke mitra atau rekan Anda yang lain. Bagaimana cara menghubungkan IP VPS ke domain? nantikan tutorial selanjutnya :)

12. Tambah kontak jabber, lalu tes chat. 

chating dengan jabber im client


13. Selesai.

Mudah sekali bukan? ternyata membuat server jabber sendiri menggunakan openfire di linux ubuntu server tidaklah sesulit yang kita bayangkan... semoga bermanfaat.

Baca juga: Plus Minus Menggunakan Jabber pada Server Pulsa

8 Komentar

  1. Belum sempet, praktek bikin server jabber sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jabbernya update aja ke versi terbaru kang...

      Hapus
  2. gan saya mau tanya, saya kan sudah buat di centos, sudah pakai ip publik juga, tapi blm bisa ngirim ke beda domain ya? makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama, pastikan ip publik Anda statik
      kedua, arahkan ip publik Anda ke ip private/local dimana server jabber Anda terinstall
      ketiga, buatlah nameserver yang yang akan menghubungkan domain jabber Anda dengan IP publik server jabber yang ada, jika tidak menggunakan nameserver maka Anda harus menggunakan alamat ip publik untuk berkomunikasi dengan server jabber lainnya.
      misal, jabberAnda@976.112.234.89 <--> islah@jabber.at
      untuk membuat namserver di server Anda gunakan Bind.

      Hapus
  3. kalau di mikrotik gimana cara supaya ip publicnya bisa dipakai sebagai server openfire ya?

    BalasHapus
  4. Terima Kasih Gan, ini yang sy butuhkan. akhirnya bisa juga ;)

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum mas.., ini sy cb ikutin step by step prosesnya, saya install di vps ubuntu 16.04. openfire sdh terinstall, tp saat diakses diweb port 9090 gk bs, apa perlu disetting jg listen port 9090 di apachenya..? terima kasih.

    BalasHapus
  6. Kalau sy sendiri tdk merubah/open port manual
    Coba periksa kembali, saat install openfire pakai ip apa domain, kalau pakai domain apakah domain tsb sudah dihubungkan dg ip nya?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dengan bijaksana.