9 Problem Utama Server Pulsa

Menjalankan usaha server pulsa memang usaha yang menjanjikan jika ditekuni dengan baik dan mengetahui betul kendala yang akan dihadapi serta solusi dari semua masalah yang sering menghantui pemain server tersebut.

Berikut kami sajikan 10 (sepuluh) problem utama server pulsa hal yang sering terjadi:
problem utama server pulsa

KOMPUTER/SERVER MATI TIBA-TIBA

Sangat mungkin jika tiba-tiba komputer mati baik dipagi hari, siang atau malam hari, sebab komputer ini tersusun dari beberapa komponen elektronik yang memang rentan terjadi kerusakan, sehingga jika salah satu komponen vital komputer mati seperti RAM, processor, VGA, hardisk, mainboard, power supply maka komputer/server pun akan mati.

Usia komponen yang sudah tua, korsleting, tegangan naik turun dan petir adalah penyebab yang paling mendominasi.

TERKENA VIRUS

Virus adalah suatu script yang umumnya bersifat merusak data dan sistem. Jika virus sudah menyerang server Anda, maka sudah bisa dipastikan sistem operasi (windows) termasuk Software OtomaX dan databasenya sudah tidak aman lagi, bahkan yang terparah adalah rusaknya database otomax.
Virus tidak datang menginfeksi komputer Anda dengan sendirinya melainkan karena kecerobohan kita dalam menjaga keamanan sistem komputer itu sendiri. Biasanya Virus menyerang melalui beberapa celah; tidak ada antivirus yang terpasang, cabut colok flashdisk yang tidak terjamin steril dari virus, mengunduh dan memasang aplikasi yang sudah dicrack, masuk ke situs-situs gelap yang mengandung malware, spyware dan virus.

PENANGANAN DEALER SOFTWARE YANG LAMBAT

Ketika terjadi masalah atau trouble pada otomax, seringkali Anda memperoleh penanganan yang lambat dan tidak profesional dari Dealer tempat Anda membeli Otomax.
Hal ini terjadi karena Dealer hanya fokus pada penjualan, jika ada yang meberikan layanan support biasanya asal-asalan, sekalipun ada dealer yang serius memberikan dukungan teknis tapi biasanya berbayar dan terbatas pada jam pelayanan sehingga Anda harus rela menunggu pada jam kerja berikutnya.

SN TIBA-TIBA HILANG ATAU LUPA PERPANJANGAN LISENSI OTOMAX

Jika SN hilang atau expired, maka banyak fitur otomax yang tidak berfungsi dengan baik khususnya semua yang terkait dengan internet (H2H dan internet banking) sehingga mengakibatkan transaksi banyak yang gagal atau pending.

DONGLE RUSAK

Dongle adalah suatu hardware yang terhubung ke komputer untuk mengotentikasi suatu software. Untuk menjalankan otomax ini kita membutuhkan dongle yang biasanya menyatu pada kartu SIM/chip yang sudah didaftarkan IMSI nya. Nah, jika sewaktu-waktu donggle otomax rusak, maka modul transaksi tidak akan berjalan, dan itu artinya otomax tidak akan bisa digunakan untuk mengelola transaksi.

Beberapa penyebab rusaknya dongle antara lain; kartu sim rusak atau  hangus (melewati masa tenggang kartu).

DATABASE SUSPECT (DATABASE YANG EROR ATAU TIDAK BISA OPERASI)

Database merupakan data penting yang didalamnya tersimpan beberapa setingan modul, history transaksi, daftar member/downline, piutang dan beragam informasi penting lainnya. Jika database rusak atau tidak terbaca maka otomax tidak akan bisa berjalan (error), kalaupun bisa berjalan maka tidak akan optimal, kondidi inilah yang disebut database suspect.

Penyebab: virus, listrik, add on tambahan, dll.

BACKUP DATABASE (BAIK SECARA ONLINE MAUPUN OFFLINE)

Seperti dijelaskan diawal bahwa database merupakan data penting agar otomax bisa berjalan. Oleh karena itu PENTING untuk selalu melakukan penyimpanan berkala (backup) agar bisa diambil kembali (restore) untuk memulihkan database manakala terjadi kerusakan.

HAPUS DATABASE ATAU POTONG DATABASE

Database lama yang sudah tidak digunakan akan semakin menumpuk, membesar dan memberatkan kinerja otomax. Oleh karena itu perlu dipotong dan disisakan yang dipandang masih perlu, misal database satu bulan terakhir.

KELUAR MASUK KARYAWAN

Setiap orang menginginkan kehidupan yang lebih baik seiring dengan bertambahnya ilmu dan pengalaman, pun demikian dengan karyawan Anda. Oleh karena itu persiapkan dari sekarang orang-orang yang akan meneruskan kepercayaan Anda untuk mengelola server agar terus berjalan tanpa Anda sekalipun.

1 Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dengan bijaksana.